Tips Beli Smartphone Bekas

Tips Beli Smartphone Bekas

Membeli smartphone bekas ibarat membeli kucing dalam karung, karena kita tidak pernah tahu kondisi sebenarnya dari smartphone bekas tersebut.

Untuk menangani hal tersebut, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mensiasatinya.

Periksa Kondisi Fisik

Dalam membeli smartphone bekas, tampilan fisik merupakan hal utama yang perlu kita periksa. Pastikan tampilan fisik pada smartphone terlihat mulus dan sesuai dengan deskripsi yang telah ditulis atau dijelaskan oleh si penjual.

Periksa semua kelengkapan dan semua fungsi smartphone

Setelah Anda memeriksa fisik smartphone bekas yang akan Anda beli, Selanjutnya yang perlu Anda periksa adalah kelengkapan dan fungsi dari smartphone itu sendiri, apakah sudah sesuai dengan keterangan dari penjual. Dalam melakukan pengecekan atau pemeriksaan fungsi, ada beberapa fungsi yang sangat penting untuk Anda periksa kembali yaitu,

Periksa tombol Home, tombol Power, dan tombol Volume. Pastikan masih empuk dan berjalan baik tanpa ada yang aneh. Pasalnya, komponen-komponen tersebut terkenal cepat rusak.

Pastikan keaslian earphone, sebab walaupun belum tentu Anda pakai tapi pastikan earphone masih asli dan simpanlah dengan baik untuk menjaga harga agar tidak terlalu turun dari harga pasaran.

Cek adapter charger dan kabel USB, pastikan berfungsi dengan baik dan tidak longgar.

Cek jack audio dan pastikan tidak tersendat-sendat.

Tes speaker dan microphone, pastikan suara yang dikeluarkan normal dan tidak pecah. Jika pecah, besar kemungkinan telah terkena air atau terendam.

Pastikan Semua Fitur Berfungsi dengan Baik

Setelah Anda mengecek dan memeriksa semua kelengkapan, tahap selanjutnya adalah memeriksa dan mengecek semua fitur-fitur yang ada pada smartphone berjalan sesuai dengan fungsinya. Terdapat beberapa fungsi smartphone yang wajib Anda periksa.

Periksa responsivitas layar secara keseluruhan dan pastikan semua fungsi layar sentuh berjalan dengan baik. Cobalah untuk menggerakkan sensitivitas layar dengan menggerakkan ke atas, bawah, kanan, kiri hingga sudut-sudut layar. Jangan lupa cek sensor rotasinya (accelerometer), apakah masih berjalan dengan baik.

Cek ambient light sensor guna melihat apakah layar HP akan meredup jika berada di kegelapan atau ketika sedang melakukan panggilan telepon.

Pasang kartu SIM dan kartu microSD Anda ke dalam smartphone tersebut untuk memastikan konektivitas, baik itu jaringan seluler, Wifi, Bluetooth dan GPS berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Bagi Anda yang gemar berfoto, jangan lupa juga untuk mengecek kamera smartphone tersebut, cobalah untuk mengambil gambar baik menggunakan flash atau tanpa flash serta lihat hasilnya.

Periksa Spesifikasi Smartphone

Dengan banyaknya fitur-fitur menarik yang ditawarkan, maka disarankan untuk mencari spesifikasi smartphone Android dengan RAM minimal 3 GB dan penyimpanan internal harus 32 GB, jika smartphone tersebut hanya mempunyai penyimpanan internal sebesar 16 GB, pastikan smartphone tersebut mempunyai slot micro SD.

Untuk resolusi layar, disarankan mempunyai resolusi layar setidaknya 720p atau 1.080p, sedangkan untuk chipset yang digunakan juga harus diperhatikan jangan sampai smartphone yang anda beli menggunakan chipset yang sudah usang atau jadul, belilah smartphone dengan chipset kelas atas atau menengah tujuannya agar Anda dapat lebih nyaman dalam menggunakan smartphone bekas Anda meskipun dengan fitur-fitur yang lumayan banyak.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah dukungan update sistem operasi, carilah smartphone yang menjanjikan update sistem operasi Android 7.0 Nougat, atau setidaknya smartphone tersebut sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Harga yang Wajar

Mencari smartphone yang bagus dan murah memang sangat menggiurkan, namun Anda juga harus mewaspadai oknum-oknum yang menjual smartphone tersebut. Setiap smartphone pasti mempunyai harga standar terutama bagi smartphone bekas. Oleh karena itu jika Anda menemui penjual yang menjual smartphone dengan harga yang tidak wajar alias dibawah standar, maka Anda perlu mewaspadainya, sebab mungkin saja smartphone tersebut KW alias palsu dari harga patokan yang sudah ada atau mungkin saja smartphone tersebut sudah rusak parah sehingga harganya di bawah rata-rata.

Lakukan Factory Reset

Setelah Anda melakukan pengecekan dan merasa yakin ingin membeli smartphone bekas pilihan Anda, jangan lupa untuk melakukan Factory Reset.

Factory Reset adalah suatu cara untuk mengembalikan kondisi smartphone ke dalam kondisi semula seperti baru keluar dari pabrik. Biasanya jika kita ingin melakukan factory reset, Anda akan diminta memasukkan sebuah kata sandi atau password yang telah dibuat oleh pengguna lama. Jika dilakukan factory reset secara paksa, smartphone tidak akan dapat digunakan sebelum memverifikasi ulang kepemilikan akun Google yang sebelumnya digunakan pada smartphone tersebut.


Baca Juga
idn 23.1.17


EmoticonEmoticon