Mengintip Peluang Damai Viking Jakmania

Mengintip Peluang Damai Jakmania Viking Menjelang Laga Persib vs Persija, Jadwal  gojek traveloka liga 1 Persib Bandung vs  persija jakarta sabtu 22/7/2017, karena perseteruan atau permusuhan suporter Viking / Bobotoh dengan jakmania laga ini menarik perhatian media massa dan disebut sebagai laga panas, sebenarnya ini bukan laga klasik ini laga biasa saja. laga klasik itu Persib VS PSMS Medan.

Beberapa minggu sebelum laga ketua jakmania ferry indra sarif mengajak damai bobotoh, ia menyampaikan melalui status facebook. Hal itu direspon positif oleh pentolan viking Yana Umar dan siap mendukung wacana damai kedua suporter yang keraf terjadi sampai ada korban jiwa.

Namun tidak realistis kalau perdamaian itu dilakukan sekarang ini karena liga 1 juga masih berlangsung, dan aroma rivalitas masih terasa mungkin akan terus terasa dan mengakibatkan gesekan selama kompetisi liga 1 berjalan.
Mengintip Peluang Damai Jakmania Viking Menjelang Laga Persib vs Persija Jadwal  gojek traveloka liga 1 sandra olga
via/twitter/sandraolga
persib persija Mengintip Peluang Damai Viking Jakmania

@dikysoemarno "Btw.. Masak katanya maunya dialognya habis Persib vs persija"
dan twit itu dikomentari sama jakmania
@algibran8282 membalas @dikysoemarno "hahaahahaha pikiran anak ingusan tuh bang"

@hendragub88 membalas @dikysoemarno " ya sudah gak usah , kayak kita yang kebelet pengen damai saja"
@dikysoemarno membalas @hendragub88 "kejauhan bicara damai, ketemu aja dulu"

@lintangjak membalas @dikysoemarno "dialognya geser ke 1927 saja dulu bang, lebih enak kayaknya buat diajak ngopi"

Gak nyambung yah, Kang Yana mengatakan setelah kompetisi selesai bukan setelah laga Persib vs persija, dari dialog diatas kelihatan kalau mereka juga belum siap damai dan tahu situasinya. 

Jadi maksud ketuanya jakmania melempar wacana damai memang benar-benar ingin damai atau karena memang ada maksud lain, pencitraan atau hanya karna ingin supaya jakmania dapat jatah tiket nonton persija di Bandung.

Musuhan sudah lama terus tiba-tiba mau damai secara instan tanpa melihat kondisi sekarang bisa saja menjadi sebuah blunder, kalau bicara damai jangan instan misalnya buat kesepakatan 2 atau 3 tahun saat laga away kedua suporter bisa datang, nah terus sekarang ngapain? sekarang mendinginkan dulu akar rumput.

Bagaimana caranya membuat adem akar rumput indikatornya ada diperbatasan, kalau perbatasan masih panas berarti belum melangkah maju untuk damai.

Jadi kalau mau niat mau damai jangan pakai cara-cara instan, buat yang diperbatasan waspada konflik itu lebih membuat mawas diri daripada terlena dalam buaian damai instan yang semu, yang hanya akan membuat pertaruhan nyawa disetiap langkahnya.

Kalau memang niat mau damai silakan sebagai para ketua harus bisa meredakan dulu diperbatasan, minimal tidak ada konflik disaat kedua tim bertanding dilapangan.
Dan yakin itu bukan pekerjaan yang gampang, dan belum tentu juga bisa instan juga, jadi kalau tiba-tiba ada yang kenceng bilang damai.. kemana aja lo tong??


Baca Juga
idn 21.7.17


EmoticonEmoticon