Bangun Usaha Modal 1 Juta


Membangun sebuah usaha memang membutuhkan modal, tetapi modal tidak harus selalu besar. Dengan modal 1 juta, masih ada beberapa jenis usaha yang bisa dipertimbangkan untuk dijalankan, antara lain:


Jualan pulsa atau voucher data

Bisnis pulsa atau voucher data bisa menjadi usaha yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil. Anda hanya perlu membeli saldo dari provider dan menjualnya kembali kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu, kebutuhan pulsa dan internet semakin meningkat sehingga potensi pasar yang besar masih ada.


Usaha makanan ringan

Jajanan seperti keripik, kacang, dan camilan lainnya bisa dijadikan peluang usaha dengan modal kecil. Anda bisa membuat produk sendiri di rumah dengan biaya produksi yang terjangkau dan menjualnya melalui toko online atau berjualan keliling di sekitar lingkungan.


Usaha jasa fotokopi

Jasa fotokopi masih banyak dibutuhkan, terutama di sekitar kampus atau perkantoran. Anda bisa membuka jasa fotokopi dengan modal printer, kertas, dan toner yang relatif terjangkau.


Bisnis online

Internet memungkinkan kita untuk memulai bisnis online dengan modal yang kecil. Anda bisa menjual produk di marketplace atau membuka toko online sendiri di platform seperti Instagram atau Facebook.


Usaha laundry kiloan

Usaha laundry kiloan adalah usaha yang tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa memulai usaha ini dengan membeli mesin cuci bekas dan mencari pelanggan dari lingkungan sekitar.


Meskipun modal yang diperlukan relatif kecil, tetapi usaha tetap memerlukan waktu dan usaha keras untuk bisa sukses. Selain itu, penting juga untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai pasar dan pesaing sebelum memulai usaha.

Baca Juga
idn 17.2.23


EmoticonEmoticon